Sistem Pendukung Keputusan Source Code

Source Code SPK Metode PROMETHEE PHP

SPK Metode PROMETHEE PHP
Written by admin

Download source code sistem pendukung keputusan metode PROMETHEE berbasis web dan desktop menggunakan bahasa PHP, VB6, VB.Net, c# dengan database Access dan MySQL.

SPK Metode PROMETHEE PHPPromethee adalah salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam MCDM ( Multi Criterion Decision Making). Dugaan dari dominasi kriteria yang digunakan dalam promethee adalah penggunaan nilai dalam hubungan outranking. Penggunaan promethee adalah menentukan dan menghasilkan keputusan dari beberapa alternatif. masalah pokoknya adalah kesederhanaan, kejelasan dan kestabilan. Promethee berfungsi untuk mengolah data, baik data kuantitatif dan kualitatif sekaligus. Dimana semua data digabung menjadi satu dengan bobot penilaian yang telah diperoleh melalui penilaian atau survey.

Langkah-langkah perhitungan dengan metode promethee adalah sebagai berikut  :

  1. Penentuan alternatif-alternatif nilai dari data
  2. Menentukan tipe fungsi preferensi dan nilai preferensi
  3. Perhitungan indeks preferensi
  4. Perhitungan arah preferensi dipertimbangkan berdasarkan nilai indeks leaving flow, enterflow dan net flow

Detail Source Code

NamaSource Code SPK Metode PROMETHEE PHP
DeskripsiSource Code SPK Metode Promethee (Preference Rangking Organization Method For Enrichment Evaluation) dengan PHP dan MySQL
BahasaPHP, Bootstrap 3.37, PHP, HTML, CSS, Java Script
DatabaseMySQL
HargaRp 350,000

Dalam program ini menggunakan 6 jenis tipe preferensi antara lain:

  1. Tipe Biasa (Usual Criterion)
    Tipe Usual adalah tipe dasar, yang tidak memiliki nilai threshold atau kecenderungan dan tipe ini jarang digunakan. Pada tipe ini dianggap tidak ada beda antara alternatif a dan alternatif b jika a=b atau f(a)=f(b) , maka niliai preferensinya benilai 0 (Nol) atau P(x)=0. Apabila nilai kriteria pada masing-masing alternatif memiliki nilai berbeda, maka  pembuat keputusan membuat  preferensi mutlak  benilai 1 (Satu) atau  P(x)=1 untuk alternatif  yang  memiliki nilai lebih baik. 
  2. Tipe Quasi (Quasi Criterion atau U-Shape)
    Tipe Quasi sering digunakan dalam penilaian suatu data dari segi kwalitas atau mutu, yang mana tipe  ini  menggunakan Satu  threshold  atau  kecenderungan  yang sudah ditentukan,  dalam kasus ini  threshold  itu adalah  indifference.  Indifference ini biasanya dilamabangkan dengan karakter m atau q, dan nilai indifference harus diatas 0 (Nol). Suatu alternatif memiliki  nilai  preferensi yang sama penting selama selisih atau nilai P(x) dari masing-masing alternatif  tidak melebihi nilai  threshold. Apabila selisih hasil evaluasi untuk masing-masing alternatif melebihi nilai  m maka terjadi bentuk preferensi mutlak, jika pembuat memutuskan menggunakan kriteria ini, maka decision maker  tersebut harus menentukan nilai m, dimana nilai ini dapat dijelaskan pengaruh yang signifikan dari sutau kriteria. fungsi P(x) untuk preferensi ini disajikan pada gambar 3.
  3. Tipe Linier (Linear Criterion atau V-Shape)
    Tipe Linier acapkali digunakan dalam penilaian dari segi kuantitatif atau banyaknya jumlah, yang mana tipe  ini  juga menggunakan Satu  threshold  atau  kecenderungan yang sudah ditentukan,  dalam kasus ini  threshold  itu adalah  preference. Preference ini biasanya  dilamabangkan dengan karakter  n  atau  p, dan nilai  preference  harus diatas 0 (Nol). Kriteria ini menjelaskan bahwa selama nilai selisih memiliki nilai yang lebih rendah dari n, maka nilai preferensi dari pembuat keputusan meningkat secara linier dengan nilai x, jika nilai x lebih besar dibandingkan dengan nilai n, maka terjadi preferensi mutlak.
  4. Tipe Tingkatan (Level Criterion)
    Tipe ini mirip dengan  tipe Quasi yang sering digunakan dalam penilaian suatu data dari segi kwalitas atau mutu. Tipe ini  juga menggunakan  threshold indifference (m) tetapi  ditambahkan Satu  threshold  lagi  yaitu  preference  (n). Nilai  indifference serta preference harus diatas 0 (Nol) dan nilai indifference harus di bawah nilai preference. Apabila alternatif tidak memiliki perbedaan (x), maka nilai preferensi sama dengan 0 (Nol)  atau P(x)=0. Jika  x  berada  diatas  nilai m  dan  dibawah nilai  n, hal ini berarti situasi preferensi yang lemah P(x)=0.5. Dan jika x lebih besar atau sama dengan nilai n maka terjadi preferensi mutlak P(x)=1. Fungsi P(x) untuk preferensi ini disajikan pada gambar 5.
  5. Tipe Linear Quasi (Linear Criterion with Indifference)
    Tipe  Linear Quasi  juga  mirip dengan tipe Linear  yang acapkali digunakan dalam penilaian dari segi  kuantitatif  atau banyaknya jumlah. Tipe ini juga  menggunakan threshold  preference (n) tetapi ditambahkan Satu threshold  lagi yaitu  indifference (m). Nilai indifference  serta  preference  harus diatas 0 (Nol) dan nilai  indifference harus di bawah nilai  preference. Pengambilan keputusan mempertimbangkan peningkatan preferensi secara linier dari tidak berbeda hingga preferensi mutlak dalam  area antara dua kecenderungan  m  dan  n.
  6. Tipe Gaussian
    Tipe Gaussian sering digunakan untuk mencari nilai aman atau titik aman pada data yang bersifat continue atau berjalan terus.[8] Tipe ini memiliki nilai  threshold yaitu Gaussian  threshold  ( g)  yang berhubungan dengan nilai standar deviasi  atau distribusi  normal dalam statistik.

Komponen Aplikasi

Tugasakhir.Id menyediakan source code untuk sistem pendukung keputusan metode PROMTHEE baik berbasis web maupun desktop. Komponen yang ada dalam source code ini adalah:

  • Login, untuk membatasi user yang masuk ke dalam sistem.
  • Kriteria, untuk mengolah data kriteria (tambah, ubah, hapus, cetak, cari, export excel). Kriteria berisi bobot yang menentukan nilai dari kriteria tersebut, dan atribut yang terdiri dari benefit atau cost.
  • Alternatif, mengolah data alternatif (tambah, ubah, hapus, cetak, cari, export excel). Alternatif adalah orang ataupun sesuatu yang dibandingkan saat proses perhitungan.
  • Relasi, menentukan bobot alternatif untuk setiap kriteria.
  • Hitung, melakukan proses perhitungan sekaligus mencetak hasil perhitungan.
  • Password, mengubah password yang user yang login.

Untuk melihat langsung fitur lengkapnya bisa cek demonya di video berikut:

Pembelian Source Code

Untuk melakukan pembelian anda harus melakukan donasi sesuai harga yang ada di Daftar Harga Source Code Tugas Akhir. Anda juga bisa menghubungi kami melalui:

Email : herdikayan@gmail.com
WA / SMS : 085 737 058 375

Pembayaran Source Code

Untuk pembayaran source code yang sudah ada, silahkan transfer ke rekening kami. Kami akan mengirimkan source code langsung setelah pembayaran kami konfirmasi. Source code kami kirim melalui email.

BNI
0827432793
a/n I Kayan Herdiana
UNIT TEUKU UMAR, Denpasar
CIMB
7612 9066 4600
a/n I Kayan Herdiana
Denpasar
BRI
4643-01-008473-53-8
a/n I Kayan Herdiana
UNIT TEUKU UMAR, Denpasar
BCA
6110244663
a/n I Kayan Herdiana
BCA KCP Grand Sudirman, Denpasar

Untuk pembuatan source code by request wajib untuk melakukan pembayaran DP sebesar 30% dari harga yang disepakati. Kami akan mengembalikan uang anda 100% jika kami tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kami sampai batas waktu yang ditentukan.

Screenshoot SPK Metode PROMETHEE PHP

SPK Metode PROMETHEE PHP Bobot Alternatif
SPK Metode PROMETHEE PHP Data Alternatif
SPK Metode PROMETHEE PHP Data Kriteria
SPK Metode PROMETHEE PHP Perhitungan
SPK Metode PROMETHEE PHP Ubah Data Alternatif
SPK Metode PROMETHEE PHP Ubah Data Kriteria

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.