Sistem Pendukung Keputusan Source Code

Source Code SPK Metode MOORA PHP

Source Code SPK Metode MOORA PHP
Written by admin

MOORA PHP – Source code sistem pendukung keputusan (SPK) metode Metode Multi Objective Optimization on The Basic of Ratio Analysis (MOORA). Source code berbasis web dibuat menggunakan PHP dan database MySQL.

Sistem Pendukung Keoutusan (SPK) merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur.

Metode MOORA pertama kali diperkenalkan oleh Brauers dan Zavadskas pada tahun 2006 sebagai multiobjekti sistem yaitu mengoptimalkan dua atau lebih atribut yang saling bertentangan secara bersamaan. Pada awalnya metode ini diperkenalkan oleh Brauers pada tahun 2004 sebagai “Multi-Objective Optimization” yang dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah pengambilan keputusan yang rumit pada lingkungan perusahaan. Metode ini diterapkan untuk memecahkan berbagai jenis masalah dengan perhitungan metematika yang kompleks.

Adapun langkah-langkah metode MOORA, sebagai berikut:

  • Menentukan tujuan untuk mengidentifikasi atribut evaluasi yang bersangkutan
  • Menentukan matrik keputusan X.
  • Menghitung Matrik Ternormalisasi. Normalisasi pada metode MOORA bertujuan untuk menyatukan setiap element matriks sehingga element pada matriks memiliki nilai yang seragam.
  • Mengurangi nilai maximax dan minmax Untuk menandakan bahwa suatu atribut lebih penting itu bisa dikalikan dengan bobot yang sesuai.
  • Merangking nilai Yi . Nilai Yi dapat menjadi positif atau negatif tergantung dari total maksimal (atribut yang menguntungkan) dan minimal (atribut yang tidak menguntungkan) dalam matriks keputusan. Nilai yi tertinggi menjadi alternative yang terbaik, sedangkan alternative terkecil memiliki nilai yi terburuk.

Komponen Source Code

  • Login, membatasi hak akses orang yang bisa menggunakan aplikasi.
  • Alternatif, mengelola data alternatif yang bisa ditambah, ubah, hapus.
  • Kriteria, mengelola data kriteria yang bisa ditambah, ubah, hapus. Untuk kriteria terdapat bobot yang menentukan seberapa penting kriteria tersebut. Atribut dalam kriteria terdiri dari cost dan benefit, dimana benefit artinya semakin tinggi nilai semakin bagus, dan cost artinya semakin kecil nilai semakin bagus.
  • Rel Alternatif, mengubah data nilai alternatif pada masing-masing kriteria.
  • Perhitungan, melakukan proses perhitungan yang mana hasilnya dapat dicetak langsung.
  • Password, mengubah password user yang login.

Pembelian Source Code

Untuk melakukan pembelian anda harus melakukan donasi sesuai harga yang ada di Daftar Harga Source Code Tugas Akhir. Anda juga bisa menghubungi kami melalui:

Email : herdikayan@gmail.com
WA / SMS : +6281 999 886 827
BBM : 5AF1A226
Line ID : herdikayan

Pembayaran Source Code

Untuk pembayaran source code yang sudah ada, silahkan transfer ke rekening kami. Kami akan mengirimkan source code langsung setelah pembayaran kami konfirmasi. Source code kami kirim melalui email.

CIMB
7612 9066 4600
a/n I Kayan Herdiana
Denpasar
BRI
4643-01-008473-53-8
a/n I Kayan Herdiana
UNIT TEUKU UMAR, Denpasar
BCA
6110244663
a/n I Kayan Herdiana
BCA KCP Grand Sudirman, Denpasar

Untuk pembuatan source code by request wajib untuk melakukan pembayaran DP sebesar 30% dari harga yang disepakati. Kami akan mengembalikan uang anda 100% jika kami tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kami sampai batas waktu yang ditentukan.

Screen Shoot MOORA PHP

Source Code SPK Metode MOORA Alternatif
Source Code SPK Metode MOORA Kriteria
Source Code SPK Metode MOORA Nilai
Source Code SPK Metode MOORA Password
Source Code SPK Metode MOORA Perhitungan

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.