Source Code Single Exponential Smoothing Laravel

Single Exponential Smoothing Laravel – Source code data mining forecasting/peramalan metode Single Exponential Smoothing (SES) berbasis web dengan Laravel dan MySQL.

Peramalan merupakan suatu usaha untuk meramalkan keadaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan dimasa lalu. Esensi peramalan adalah perkiraan peristiwa-peristiwa di waktu yang akan datang atas dasar pola-pola di waktu yang lalu, dan penggunaan kebijakan terhadap proyeksi-proyeksi dengan pola-pola di waktu yang lalu. Peramalan adalah seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkannya ke masa yang akan datang dengan suatu bentuk model matematis (Prasetya : 2011).

Metode Smoothing exponential adalah teknik peramalan rata-rata bergerak dengan pembobotan dimana data diberi bobot oleh sebuah fungsi exponential. Smoothing exponential merupakan metode peramalan rata-rata bergerak dengan pembobotan canggih, namun masih mudah digunakan. Metode ini sangat dedikit pencatatan data masa lalu.

Perhitungan single exponential smoothing dapat dituliskan dalam rumus:

Ft+1 = α Xt + (1-α) Ft-1 (1)

Keterangan :
Ft+1 = Ramalan untuk periode ke t+1
Xt = Nilai riil periode ke t
α = Bobot yang menunjukkan konstanta penghalus (0 < α <1)
Ft-1 = Ramalan untuk periode ke t-1

Ketepatan metode peramalan digunakan sebagai penunjukkan seberapa jauh model peramalan tersebut memproduksi data yang telah diketahui. Bagi pemakai ramalan, ketepatan ramalan yang akan datang adalah yang paling penting, sedangkan bagi pembuat model, kebaikan sesuai model untuk fakta yang diketahui yang diperhatikan.

  • Mean Absolute Deviation (MAD), metode untuk mengevaluasi metode peramalan menggunakan jumlah dari kesalahan-kesalahan yang absolute
  • Mean Squared Error (MSE), metode lain untuk mengevaluasi metode peramalan.
  • Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dihitung dengan menggunkan kesalahan absolute pada tiap periode dibagi dengan nilai observasi yang nyata untuk periode itu.

Detail Source Code

NamaSource Code Forecasting Metode Single Exponential Smoothing Laravel
DeskripsiSource code data mining forecasting/peramalan metode Single Exponential Smoothing (SES) berbasis web dengan Laravel dan MySQL.
BahasaPHP, MySQL, CSS, HTML, Java Script, Laravel 6
DatabaseMySQL
HargaRp 525,000
Tokopediahttps://tokopedia.com/rumahsourcecode/source-code-forecasting-metode-single-exponential-smoothing-laravel

Komponen Source Code Single Exponential Smoothing Laravel

Adapun komponen source code antara lain:

  • Login, membatasi user yang bisa menggunakan aplikasi.
  • Data Jenis, mengolah data jenis yang bisa ditambah, ubah, hapus.
  • Data Periode, mengolah data nilai jenis per periode yang bisa ditambah, ubah, hapus.
  • Perhitungan, melakukan proses perhitungan algoritma, menampilkan grafik perbandingan data aktual dan hasil peramalan. Hasilnya dapat dicetak langsung.
  • Ubah Password, mengubah password yang hanya bisa dilakukan oleh user dan login, dengan memasukkan password lama dan password baru.
Forecasting SES Laravel Hasil
Forecasting SES Laravel Jenis
Forecasting SES Laravel Login
Forecasting SES Laravel Perhitungan
Forecasting SES Laravel Periode

Pembelian Source Code

Untuk melakukan pembelian anda harus melakukan donasi sesuai harga yang ada di Daftar Harga Source Code Tugas Akhir. Anda juga bisa menghubungi kami melalui:

Email : herdikayan@gmail.com
WA / SMS : 085 737 058 375

Pembayaran Source Code

Untuk pembayaran source code yang sudah ada, silahkan transfer ke rekening kami. Kami akan mengirimkan source code langsung setelah pembayaran kami konfirmasi. Source code kami kirim melalui email.

BNI
0827432793
CIMB
7612 9066 4600
BCA
6110244663
BRI
4643-01-008473-53-8
a/n I Kayan Herdiana

Untuk pembuatan source code by request wajib untuk melakukan pembayaran DP sebesar 30% dari harga yang disepakati. Kami akan mengembalikan uang anda 100% jika kami tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kami sampai batas waktu yang ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.