Source Code Fuzzy AHP PHP + Sub Kriteria

Source code sistem pendukung keputusan (SPK) metode fuzzy ahp (Analytical Hierarkhi Process) + Sub Kriteria berbasis web dengan PHP dan MySQL.

Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah suatu metode pendukung keputusan yang dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan dengan memecah solusi permasalahan, mengelompokkan dan kemudian menyusunnya ke dalam suatu struktur hirarki. Untuk memperoleh kriteria yang diprioritaskan, metode ini menggunakan perbandingan kriteria berpasangan dengan skala pengukuran yang telah ditentukan. Input utama dari metode AHP adalah persepsi para pakar atau ahli, sehingga terdapat faktor subyektifitas dalam pengambilan keputusan. Metode ini juga memperhitungkan validitas data dengan adanya batas inkonsistensi (Saaty & Kearns). Akan tetapi, ketidakpastian dan keraguan yang cukup banyak dalam memberi penilaian akan berdampak terhadap keakuratan data dan hasil yang diperoleh. Berdasarkan hal ini, dikembangkan teori lebih lanjut yaitu metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process.

Fuzzy Analytic Hierarchy Process adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP) yang dikembangkan dengan teori logika fuzzy, khususnya triangular fuzzy. Langkah penyelesaian masalah dengan metode Fuzzy AHP hampir sama dengan metode AHP. Hanya saja metode Fuzzy AHP mengubah skala AHP ke dalam skala triangular fuzzy untuk memperoleh prioritas. Selanjutnya, menurut Chang data yang telah diubah tersebut diproses lebih lanjut dengan extent analysis.

Detail Source Code

NamaSource Code Fuzzy AHP PHP + Sub Kriteria
DeskripsiSource code sistem pendukung keputusan (SPK) metode fuzzy ahp (Analytical Hierarkhi Process) + Sub Kriteria berbasis web dengan PHP dan MySQL.
BahasaHTML, CSS, Java Script, PHP, JQuery, Bootstrap 3
DatabaseMySQL
HargaRp 600,000

Fitur Fuzzy AHP PHP + Sub Kriteria

  • Login, membatasi pengguna yang bisa menggunakan aplikasi.
  • Kriteria, mengolah data kriteria baik tambah, ubah, hapus.
  • Bobot Kriteria, mengubah matriks perbandingan masing-masing kriteria.
  • Sub Kriteria, mengolah data sub kriteria yang bisa ditambah, ubah, hapus.
  • Bobot Sub Kriteria, mengubah matriks perbandingan masing-masing sub kriteria.
  • Alternatif, mengolah data alternatif atau sesuatu yang akan dinilai dan dihitung untuk mendapat rangking dan terpilih.
  • Nilai Alternatif, mengisikan nilai alternatif untuk masing-masing kriteria.
  • Perhitungan, melakukan proses perhitungan menggunakan Fuzzy AHP. Sebelum muncul hasil, pengguna bisa memilih alternatif mana saja yang akan dihitung, sehingga perangkingan hanya alternatif yang dicentang saja. Hasil perhitungan bisa Anda cetak langsung.
  • Password, mengubah kata sandi pengguna yang sedang aktif.

Screenshot Aplikasi

Fuzzy AHP Sub PHP Alternatif
Fuzzy AHP Sub PHP Bobot Alternatif
Fuzzy AHP Sub PHP Bobot Kriteria
Fuzzy AHP Sub PHP Bobot SubKriteria
Fuzzy AHP Sub PHP Hitung
Fuzzy AHP Sub PHP Kriteria
Fuzzy AHP Sub PHP Login
Fuzzy AHP Sub PHP Sub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.