Forecasting Source Code

Source Code Forecasting Metode Weighted Moving Average PHP

Weighted Moving Average PHP_Periode
Written by admin

Weighted Moving Average PHP – Forecasting atau peramalan berarti memprediksi suatu keadaan dimasa mendatang dengan menggunakan suatu perhitungan matematis. Penggunaan teknik peramalan ini biasa digunakan perusahaan untuk memperhitungkan keadaan dimasa mendatang atau dengan kata lain melakukan prediksi atau meramal kondisi dimasa depan yang masih belum diketahui untuk kemajuan perusahaannya. Prediksi dari sebuah peramalan dapat terwujud dengan penggunaan beberapa metode. Metode Weighted Moving Average adalah salah satunya. Metode ini memberikan prediksi masa depan dengan memanfaatkan data-data terdahulu dan memberikan bobot yang berbeda-beda untuk setiap data yang digunakan. Keakurasian suatu peramalan juga dapat diukur melalui persentase eror dari peramalan yang diperoleh. Semakin tinggi tingkat eror dapat diartikan bahwa hasil peramalan yang diperoleh semakin tidak dapat dipercaya atau tidak akurat, begitu juga sebaliknya.

Metode Weighted Moving Average (WMA) Menurut Aritonang (2009,70), Weighted Moving Average (WMA) adalah rata-rata bergerak yang memiliki bobot. Metode Weighted Moving Average merupakan metode yang mempunyai teknik pemberian bobot yang berbeda atas data yang tersedia dengan demikian bahwa data yang paling akhir adalah data yang paling relevan untuk peramaln sehingga diberi bobot yang lebih besar. Bobot ditentukan sedemikian rupa sehingga sehingga jumlah keseluruhan sama dengan satu. Untuk rata-rata bergerak 4 bulan, misalnya, diberi bobot sebagai berikut : 0,4, 0,3, 0,2, dan 0,1. Dengan demikian, maka ramalan untuk bulan kelima (Mei) adalah sebagai berikut : 0,1 ( Y januari) + 0,2 (Y Februari) + 0,3 (Y Maret) + 0,4 (Y April).

Untuk menghitung kesalahan (error) biasanya digunakan mean absolute deviation (MAD), mean squared error (MSE) dan mean absolute percentage error (MAPE). Mean absolute error adalah rata-rata nilai absolut dari kesalahan meramal. Mean squared error adalah rata-rata dari kesalahan peramalan dikuadratkan. Mean absolute percentage error adalah persentase kesalah dari peralaman (Makridakis dkk, 1999).

Detail Source Code

NamaSource Code Forecasting Metode Weighted Moving Average PHP
DeskripsiSource code forecasting/peramalan metode weighted moving average (WMA) berbasis web dengan PHP dan MySQL.
BahasaHTML, CSS, Java Script, PHP, JQuery, Bootstrap
DatabaseMySQL
HargaRp 350,000
Tokopediahttps://tokopedia.com/rumahsourcecode/source-code-forecasting-metode-weighted-moving-average-php

Komponen Weighted Moving Average PHP

Fitur yang ada laman source ini antara lain:

  • Login, untuk membatasi user yang bisa menggunakan aplikasi
  • Jenis, mengolah data jenis data, sehingga peramalan bisa dilakukan untuk banyak jenis data.
  • Periode, mengolah data periode sekaligus mengisikan nilai angka aktual per jenis
  • Perhitungan, melakukan proses perhitungan dengan metode weighted moving average.

Untuk lebih jelas tentang fitur dan cara penggunakan, bisa cek video demo berikut:

Screenshoot Aplikasi

Weighted Moving Average PHP Jenis
Weighted Moving Average PHP Login
Weighted Moving Average PHP Perhitungan
Weighted Moving Average PHP Periode

Pembelian Source Code

Untuk melakukan pembelian anda harus melakukan donasi sesuai harga yang ada di Daftar Harga Source Code Tugas Akhir. Anda juga bisa menghubungi kami melalui:

Email : herdikayan@gmail.com
WA / SMS : 085 792 658 056

Pembayaran Source Code

Untuk pembayaran source code yang sudah ada, silahkan transfer ke rekening kami. Kami akan mengirimkan source code langsung setelah pembayaran kami konfirmasi. Source code kami kirim melalui email.

BNI
0827432793
a/n I Kayan Herdiana
UNIT TEUKU UMAR, Denpasar
CIMB
7612 9066 4600
a/n I Kayan Herdiana
Denpasar
BRI
4643-01-008473-53-8
a/n I Kayan Herdiana
UNIT TEUKU UMAR, Denpasar
BCA
6110244663
a/n I Kayan Herdiana
BCA KCP Grand Sudirman, Denpasar

Untuk pembuatan source code by request wajib untuk melakukan pembayaran DP sebesar 30% dari harga yang disepakati. Kami akan mengembalikan uang anda 100% jika kami tidak dapat menyelesaikan pekerjaan kami sampai batas waktu yang ditentukan.

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.