Source Code Double Exponential Smoothing PHP

Double Exponential Smoothing PHP – Source code data mining forecasting/peramalan metode Double Exponential Smoothing (SES) berbasis web dengan PHP dan MySQL.

Peramalan berasal dari kata ramalan yang artinya adalah suatu situasi atau kondisi yang diperkirakan akan terjadi pada masa yangakan datang. Sedangkan peramalan adalah bentuk kegiatannya. Ramalan tersebut dapat didasarkan atas bermacam-macam cara yaitu metode single exponential smoothing, metode double exponential smoothing, dan metode triple exponential smoothing. Semua itu dikenal dengan metode peramalan.

Smoothing adalah mengambil rata-rata dari nilai pada beberapa periode untuk menaksir nilai pada suatu periode, exponential smoothing adalah suatu peramalan rata-rata bergerak yang melakukan pembobotan menurun secara exponential terhadap nilai-nilai observasi yang lebih tua (Makridakis,1993:79). Metode exponential smoothing merupakan pengembangan dari metode moving average. Dalam metode ini peramalan dilakukan dengan mengulang perhitungan secara terus menerus dengan menggunakan data baru.

Metode pemulusan eksponensial linier dari Holt pada prinsipnya serupa dengan Brown kecuali bahwa Holt tidak menggunakan rumus pemulusan berganda secara langsung. Sebagai gantinya, Holt memutuskan nilai trend dengan parameter yang berbeda dari dua parameter yang digunakan pada deret yang asli.

Detail Source Code

NamaSource Code Forecasting Metode Double Exponential Smoothing PHP
DeskripsiSource code data mining forecasting/peramalan metode Double Exponential Smoothing (SES) berbasis web dengan PHP dan MySQL.
BahasaHTML, CSS, Java Script, PHP, JQuery, Bootstrap
DatabaseMySQL
HargaRp 350,000
Tokopediahttps://tokopedia.com/rumahsourcecode/source-code-forecasting-metode-double-exponential-smoothing-php

Komponen Source Code

Berikut adalah komponen yang ada dalam source code forecasting metode des php, antara lain:

  • Login, membatasi pengguna yang bisa menggunakan aplikasi.
  • Jenis, mengola data jenis produk/item yang ingin diramal.
  • Periode, mengolah data periode dan nilai data aktual dari masing-masing jenis.
  • Perhitungan, melakukan proses perhitungan DES dengan menginputkan jenis data yang ingin diramal, nilai alpha, dan banyaknya periode akan datang yang ingin diramal. Dalam perhitungan akan menampilkan nilai error yaitu MSE, RMSE, MAD, dan MAPE. Untuk melihat perbandingan antara hasil peramalan dan data aktual, pada bagian bawah perhitungan juga menampilkan dalam bentuk grafik garis. Hasil perhitungan juga dapat dicetak langsung.
  • Password, untuk mengubah kata sandi pengguna yang sedang menggunakan aplikasi.

Semua data dalam source code ini dinamis, dalam artian setiap data bisa ditambah, ubah, hapus. Sehingga bisa digunakan dan disesuaikan dengan semua studi kasus.

Screenshot Source Code

DES PHP Hitung
DES PHP Jenis
DES PHP Jenis Tambah
DES PHP Login
DES PHP Periode
DES PHP Periode Tambah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.