Landasan Teori

Landasan Teori Sistem Pakar

Landasan Teori Sistem Pakar
Written by Ratna Aprila

Sistem Pakar

Secara umum, sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke  komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelelasikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli. Dengan sistem pakar ini, orang awampun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar ini juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman.Berikut ini merupakan pengertian sistem pakar menurut beberapa ahli :

  • Menurut Nita Merlina dan Rahmat Hidayat dalam bukunya Perancangan Sistem Pakar (2012:1), beberapa definisi sistem pakar menurut beberapa ahli yaitu sebagai berikut :
  1. Menurut Durkin, “Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan penyelesaian masalah yang dilakukan seorang pakar”
  2. Menurut Ignizo, “Sistem pakar adalah suatu model dan prosedur yang berkaitan, dalam suatu domain tertentu, yang nama tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar”
  3. Menurut Giarratano dan Riley, “Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar”
  • Menurut Kusrini (2006:12), “Sistem pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk suatu kepakaran tertentu yang mendekati kemampuan manusia di satu bidang. Sistem pakar mencoba mencari solusi yang memuaskan sebagaimana yang dilakukan seorang pakar”

Ciri-ciri Sistem Pakar

Menurut Kusrini (2006:14) sistem pakar memiliki beberapa ciri sebagai berikut :

  1. Terbatas pada bidang yang spesifik
  2. Dapat memberikan penalaran untuk data-data yang tidak lengkap atau tidak pasti
  3. Dapat mengemukakan rangkaian alasan yang diberikannya dengan cara yang dapat dipahami
  4. Berdasarkan pada rules atau aturan tertentu
  5. Dirancang untuk dikembangkan secara bertahap
  6. Output bersfiat nasihat atau anjuran
  7. Output tergantung dari dialog dengan user
  8. Knowledge base dan inference terpisah

Daftar Pustaka

  • Merlina, Nita, M.Kom., & Rahmat Hidayat, S.Kom. 2012. Perancangan Sistem Pakar. Ghalia Indonesia.Yogyakarta
  • Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi

About the author

Ratna Aprila

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.