Selasa , Januari 16 2018
Beranda / Landasan Teori / Landasan Teori Data
Landasan Teori Data
Landasan Teori Data

Landasan Teori Data

Pengertian Data

Sumber informasi adalah data. Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil dari pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka maupun kata-kata. Terdapat beberapa pengertian data menurut para ahli, diantaranya adalah :

  1. Menurut Turban (2010:41), “Data adalah deskripsi dasar dari benda, peristiwa, aktivitas dan transaksi yang direkam, dikelompokkan dan disimpan tetapi belum terorganisir untuk menyampaikan arti tertentu”
  2. Dikutip dari buku Bambang Hartono menurut Thompson & Handelman (2013:15), “Data adalah hasil pengukuran dan pencatatan terhadap fakta tentang sesuatu, keadaan, tingkah atau kejadian”
  3. Menurut Davis dalam buku Bambang Hartono (2013:16), “Data adalah bahan mentah bagi informasi”
  4. Menurut Mulyanto (2009:15), “Data didefinisikan sebagai representasi dunia nyata mewakili suatu objek seperti manusia, hewan, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya. Dengan kata lain, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan yang nyata. Data merupakan material atau bahan baku yang belum mempunyai makna atau belum berpengaruh langsung kepada pengguna sehingga perlu diolah untuk dihasilkan sesuatu yang lebih bermakna”
  5. Menurut Kadir (2009:3), “Data adalah suatu bahan mentah yang kelak dapat diolah lebih lanjut untuk menjadi suatu yang lebih bermakna. Data inilah yang nantinya akan disimpan dalam database”
  6. Menurut Sutabri (2012:1), “Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata”

Berdasarkan dari beberapa pendapat yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa data adalah hal, peristiwa atau kenyataan lainnya yang mengandung suatu pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan, kesimpulan atau sumber dari informasi.

Klasifikasi Data

Data adalah catatan dari kumpulan fakta. Fakta tersebut dikumpulkan untuk kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri. Pemilahan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi. Untuk teori lebih lengkapnya dapat di lihat di Landasan Teori Klasifikasi Data


Daftar Pustaka

  • Turban, Efrain & Linda Volonino. 2010. Information Technology for Management Edisi Ketujuh. Asia: John Willey & Sons
  • Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Mulyadi, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  • Kadir, Abdul. 2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySQL. Yogyakarta: Andi Offset
  • Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi

 

 

Tentang Ratna Aprila

Periksa juga

Source Code SPK Metode TOPSIS C Sharp FrmRelHitung

Source Code SPK Metode TOPSIS C Sharp (C#)

Source Code SPK Metode TOPSIS C Sharp – Download source code sistem pendukung keputusan (spk) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *