Sistem Penggajian adalah proses yang menentukan tingkat penggajian pegawai, memantau atau mengawasi, mengembangkan serta mengendalikan gaji pegawai. Gaji dapat berperan dalam meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja lebih efektif, meningkatkan kinerja, meningkatkan produktivitas dalam perusahaan, serta mengimbangi kekurangan dan keterlibatan komitmen yang menjadi ciri angkatan kerja masa kini

Sistem informasi pengolahan data penggajian merupakan sistem informasi yang mempunyai peranan penting dalam perusahaan. Menurut Mulyadi (Ahmad Sanusi Weblog: 2009) "Sistem informasi gaji dan upah dirancang untuk menangani transaksi perhitungan gaji dan upah karyawan dan pembayarannya".

Adapun fitur-fitur yang disediakan dalam source code ini, sebagai berikut :

  • Login : untuk membatasi hak akses aplikasi
  • Pengguna : untuk mengolah data pengguna, meliputi penambahan, perubahan data, dan hapus. Terdapat kolom pencarian yang digunakan untuk mencari data pengguna berdasarkan 'User'. Hasil dari pencarian data pengguna juga bisa dicetak (print).
  • Jabatan : untuk mengolah data jabatan, meliputi penambahan, perubahan data, dan hapus. Terdapat kolom pencarian yang digunakan untuk mencari data jabatan berdasarkan 'Kode' atau 'Nama Jabatan'.
  • Pegawai : untuk mengolah data pegawai, meliputi penambahan, perubahan data, dan hapus. Terdapat kolom pencarian yang digunakan untuk mencari data jabatan berdasarkan 'NIP'. Hasil dari pencarian pun dapat dicetak (print)
  • Gaji : untuk mengolah data gaji pegawai, meliputi penambahan, perubahan data, dan hapus. Terdapat kolom pencarian yang digunakan untuk mencari data jabatan berdasarkan 'NIP'. Hasil dari pencarian pun (slip gaji) dapat dicetak (print). Selain itu, kita juga bisa merubah jumlah potongan dari masing-masing pegawai (potongan).
  • Password : untuk merubah password user yang login.